1 Jun 2011

Single Base Map Daerah Istimewa Yogyakarta

"Single Base Map" apakah temen-temen semua merasa asing dengan kata ini?? hoho.. tenang-tenang.. akan saya jelaskan sedetil-detilnya.. single base map terdiri dari tiga kata yaitu single = satu, base = dasar, map = peta, jadi artinya satu peta dasar.. sebenarnya tidak sesimpel ini kelihatannya.. yak inilah sebuah ide yang sangat-sangat brilliant menurutku.. kenapa?? mari kita runut kejadiannya...  

Ide ini bermula dari sebuah pemikiran salah seorang dosen di Fakultas Geografi yaitu Mr.Suharyadi.. yang beranggapan bahwa dimana kontribusi Fakultas Geografi selama ini selaku penguasa data spasial untuk kepentingan masyarakat dan pemerintah? mungkin temen-temen banyak yang berfikir bahwa sudah banyak yang fakultas geografi lakukan.. benar sekali.. memang telah banyak.. aku sendiri sudah banyak melihat hasil peta-peta buatan fakultas geografi yang dimanfaatkan untuk kepentingan bencana, tata ruang, sumber daya alam dsb.. tapi.. ada satu permasalahan yang sangat penting dari pembuatan peta-peta ini.. yaitu Peta Dasar (Base Map).. yup.. peta dasar yang sering kita gunakan adalah data dari Peta Rupa Bumi Indonesia atau lebih banyak dikenal dengan RBI terbitan BAKOSURTANAL. tapi ingat kawand.. Bakosurtanal tidak menyarankan untuk penggunaan batas administrasi sebagai acuan.. kalau tidak percaya ni aku kasih screen shootnya..
nah udah liat kan?? jadi batas administrasi yang ada di Peta RBI tidak disarankan menjadi referensi resmi.. 
Nah lo.. lalu kita mau pake peta dasar darimana?? disinilah peran peta dasar terasa sangat penting sekali.. ketika kita menggunakan peta dasar dari instansi A.. lalu kita membutuhkan data dari instansi B, ketika akan di overlay... jrenk.. ga match bro.. menceng sana-sini, ga pas banget.. kita mau nyalahin siapa?? presiden?? ga mungkin kan...
Ide inilah yang menurutku brillian banget.. Tim dari Fakultas Geografi membuat ide untuk meluncurkan Single Base Map yaitu satu peta dasar yang dapat digunakan untuk instansi lain.. tujuannya ketika menggunakan data dari instansi A maka tidak akan ada lagi menceng sana-sini, yang ga pas lah yang overlap lah dsb.
Pada tanggal 31 Mei dan 1 Juni 2011 kemaren ni.. ceritanya Dinas PU propinsi Yogyakarta mengadakan pelatihan Sistem Informasi Penataan Ruang di Hotel Santika Yogyakarta. Pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 90an peserta dari instansi Kabupaten maupun Propinsi DIY yang berada di bawah Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumberdaya Mineral.. pembicara langsung oleh Pak Suharyadi yang dibantu oleh Pak Karen S H dan Pak Ibnu Rosyadi sebagai pembimbing teknis.. nah aku dan 4 orang lainnya ditunjuk jadi asisten untuk membantu peserta pelatihan ini.. hoho...
Dari pelatihan ini diharapkan nantinya tidak ada data dengan batas administrasi yang berbeda.. jadi nantinya semua data ini ketika akan di overlaykan akan match dan tidak ada pergeseran informasi.
Data ini sebenarnya masih perlu perbaikan dan perbaikan sampai data ini mendekati sempurna, artinya tidak ada kesalahan signifikan mengenai data ini nantinya. Data Single Base Map ini merupakan perintis untuk menelurkan satu peta dasar di Indonesia.. keren kan.. jadi Propinsi lainnya ngikut ya...
Single Base Map ini baru tersedia peta DIY dan jika ingin mendapatkan data asli, silahkan temen-temen ke Bapedda DIY untuk meminta data ini..

Nah bagi temen-temen yang sedang membuat tugas akhir, skripsi dsb diharapkan mulai menggunakan data ini sebagai Base Map ya.. tapi hanya DIY saja.. hahaha..



Ni aku kasih data peta dasar ini yang berupa data shapefile, autocad, dan map info. DOWNLOAD ya.. klik ini "PETA DASAR DIY" jadi ga perlu ke Bapedda deh.. hehehe.. manfaatkan sebaik-baiknya ya kawan.. Data ini dapat dipertanggungjawabkan lo.. jika ada yang salah dengan data ini harap berkonsultasi dengan Bapedda DIY dan Fakultas Geografi langsung ke Bpk. R Suharyadi.

Penggunaan peta dasar ini sudah ada data geodatabasenya.. jadi klo temen-temen sudah kebacut menggunakan data yang kurang benar.. tinggal di creating Topology deh.. klo belum paham apa itu Topology.. harap sabar ya.. tunggu postingan ane selanjutnya.. oke??

Salam dan sukses selalu.. hidup Geographer Indonesia....

oiya.. aku mau nampilin foto-foto waktu pelatihan ini ya.. termasuk makan-makannya juga.. hohoho...



Para peserta yang serius mendengarkan pak Karen menjelaskan di depan..

Pak Suharyadi dan Pak Ibnu yang keren Abiss...
Spanduknya Bro..
Si Chabib.. di belakangnya ada Nco dan Rohim.. serasi ya mereka berdua di belakang... hahaha
Lagi-lagi serasi ya mereka berdua ni... hahaha.. di temani pak Karen juga.. waktu Coffe break..

Demikian postingan aku kali ini.. semoga bermanfaat...



14 komentar:

gan, gmna ya cara nya aktifkan ermapper 7.1 pro. mohon bntuan ny

Weehhh....ini savi mas tanjung yah?? iseng2 baca..eh masuk sini...bagus..bagus..terus memberi manfaat...:)
Sigit Sleman

Ling downloadnya rusak, mohon di perbaiki

mas link nya mati, jika boleh bisakah kirim ke email saya, alifdani13@gmail.com

https://drive.google.com/file/d/0BxDIz3_5MrUEeDZFSGRFc2JsR0k/view?usp=sharing

ini link downloadnya https://drive.google.com/file/d/0BxDIz3_5MrUEeDZFSGRFc2JsR0k/view?usp=sharing

Terima Kasih banyak Mas Juny atas share-nya, kebetulan saya butuh untuk manajemen sistem persampahan kota Yogyakarta. Batas Administrasi di web BIG tidak sampai pada admin desa

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Mas saya dari admin blog BandGIS.com . Saya tertarik untuk menampilkan base map ini di blog saya dengan sumber yang akan tercantum yaitu blog ini dan fakultas geografi ugm . Bagaimana mas ?

mas autocadnya versi berapa ya?

mas, untuk yang Single Base Map Jawa Tengah sampean kagungan mboten njih? nuwun

Maaf sy hanya punya yg DIY. yg jateng tdk punya

mantabbbb mas, sy dah berhasil download. terimakasih

Contentnya sangat bagus dan bermanfaat sekali, terima kasih

Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri (PTIM)
STMIK IM & STAN IM
Menerima mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018
1. Teknik Informatika (S1) Terakreditasi BAN PT
2. Sistem Informasi (S1) Terakreditasi BAN PT
3. Manajemen (S1) Terakreditasi BAN PT
4. Akuntansi (S1) Terakreditasi BAN PT
Kelas Reguler dan Karyawan
Jenjang S1 kelas Reguler ditempuh dalam 8 Semester (3,5 Tahun)
Jenjang S1 kelas Karyawan A dan Kelas Karyawan B ditempuh dalam 8 Semester (2,7 tahun), 1 semester = 4 Bulan (Tri Semester).
Pendaftaran :
Kelas Reguler
Kelas Karyawan

Info lengkap :
www.imandiri.id/pmb 🌎www.stmik-im.ac.id 🌎www.stan-im.ac.id Telp : (022) 7272672 | (022) 7208180
Fax : (022) 7271693
WhatsApp : 082211888879
Email : Info@stmik-im.ac.id, Info@stan-im.ac.id
Jl. Jakarta No. 79 Bandung 40272
Jawa Barat – Indonesia







Posting Komentar